Hukum dan Cara Sholat Idul Adha


Sholat sunnah idul adha merupakan sholat sunat yang dikerjakan pada hari raya idul adha atau hari raya qurban, tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah. Hukum shalat idul adha adalah sunat muakkad menurut mazhab Syafi'i dan Maliki, artinya sholat sunnat yang sangat dianjurkan pengerjaannya, sesuai dengan perintah Allah dalam Al Quran Surat Al Kautsar ayat 2 :

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَر

"Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkorbanlah."

Adapun cara sholat idul adha, sama dengan sholat sunat idul fitri.  Dilakukan sebanyak 2 rakaat serta dilakukan dengan cara berjemaah dilanjutkan dengan mengadakah khutbah hari raya. Waktu pelaksanaan sholat idul adha adalah ketika mulai masuknya sholat dhuha. Untuk lebih detailnya, tahapan-tahapan dari pelaksanaan sholat idul adha adalah sebagai berikut :

Niat
Bacaan niat shalat idul adha, ada bacaan untuk imam dan ada yang untuk makmum. Niat shalat idul adha untuk imam :

أصلي سنة عيد الأضحي ركعتين إماما للة تعالي


Ushallii sunnata 'iidil adhaa rak'ataini imaaman lillaahi ta'aalaa.
Niat shalat sunnah idul adha dua rakaat sebagai imam karena Allah Ta'ala.

Niat shalat idul adha untuk makmum:

أصلي سنة عيد الأضحي ركعتين مأموما للة تعالي


Ushallii sunnata 'iidil adhaa rak'ataini ma-muuman lillaahi ta'aalaa.
Niat shalat sunnah idul adha dua rakaat sebagai mamum karena Allah Ta'ala.


Hukum dan Cara Sholat Idul Adha



Takbir 
Setelah mengucapkan niat, selanjutnya membaca takbiratul ihram dan doa iftitah. Habis iftitah, membaca takbir lagi sebanyak 7 kali sambil mengangkat tangan, sama halnya seperti takbiratul ihram. Disunatkan diantara kedua takbir diselingi dengan membaca tasbih yakni :

سُبْحَانَ اللهْ وَالْحَمْدُ لِلهْ وَلآ اِلَهَ اِلَّا اللهْ وَاللهُ اَكْبَرْ


Subhaanallaahi walhamdulillaahi walaa ilaaha illallaahu wallaahu akbar
Mahasuci Allah dan segala puji bagi Allah dan tiada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar.

Selanjutnya membaca fatihah dan surat dari Al Quran. Untuk rakaat pertama, surat yang dibaca adalah surat Al A'laa. Kemudian lanjutkan gerakan dan bacaan seperti biasa kita sholat sampai menuju rakaat ke dua. Setelah takbir menuju rakaat ke dua, sebelum membaca Al Fatihah, disunatkan membaca takbir sebanyak 5 kali. Bacaan dan caranya sama dengan waktu rakaat pertama. Setelah Fatihah, dilanjutkan membaca surat Al Quran, dalam hal ini kita baca Surat Al Ghaasyiyah. Lalu lanjutkan sholat seperti biasanya sampai salam.

Setelah beres sholat idul adha, dilanjutkan dengan khutbah idul adha. Mengenai syarat dan ketentuan yang berhubungan dengan khutbah idul adha, akan Saya jelaskan pada artikel lain secara terpisah. Ini dulu yang barus bisa Saya sampaikan tentang hukum dan cara sholat idul adha. Mohon maaf atas kekurangannya.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Tag : Idul Adha
Back To Top